Kamis, 17 Februari 2011

Pencak Silat Sebagai Olahraga Bela Diri

Sumber: www.AnneAhira.com

Mensana in corpore sano, di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ini merupakan sebuah motto atau ungkapan yang jelas-jelas menginformasikan pada kita, jika ingin sehat jiwa, maka badan harus sehat dulu.


Sudah sangat jelas bahwa mereka yang badannya sehat pasti kejiwaannya juga sehat. Untuk mencapai tingkat kesehatan maksimal, maka salah satu langkah pasti adalah dengan berolahraga. Olah raga menjadikan badan sehat, salah satunya adalah bela diri.


Bela diri sebagai satu cabang olah raga selain untuk menjaga diri dari penyakit, ternyata juga menjaga diri dari berbagai ancaman. Dengan menguasai salah satu olah raga bela diri, maka Anda dapat menghindarkan diri dari ancaman yang ada. Hidup memang penuh ancaman sehingga Anda harus selalu siap menghadapi semuanya.


Salah satu jenis olah raga bela diri yang terkenal adalah pencak silat. Pencak silat ini adalah bela diri tradisional yang diwariskan oleh leluhur. Dan, di setiap bagian negeri ini, pencak silat menjadi salah satu olah raga bela diri yang unik.


Tidak heran jika ada banyak aliran pencak silat di negeri ini. Anda sebagai pewaris sudah seharusnya mulai berpikir untuk ikut menjaga eksistensinya.


Warisan yang Berharga Dari Nenek Moyang


Pencak silat memang salah satu peninggalan berharga dari nenek moyang. Olah raga bela diri ini telah menjadi satu olah raga yang pada awalnya adalah sebuah ilmu atau keterampilan untuk menjaga diri dari berbagai ancaman dari luar diri. Hal ini merupakan bentuk kesadaran untuk menjaga eksistensi diri dalam kehidupan.


Negeri Indonesia memang sangat kaya. Warisan yang kita dapatkan tidak hanya alam semesta yang sangat kaya, tetapi juga berbagai peninggalan yang secara langsung membuat bangsa lain merasa iri dan ingin memilikinya.


Dalam hal kekayaan alam, sudah tidak dapat dikatakan berapa banyak yang sudah dimiliki oleh bangsa lain. Selain itu, dapat sulit untuk mengatakan berapa banyak warisan berharga yang sudah dilirik oleh bangsa lain. Begitu juga halnya warisan olah raga bela diri.


Sudah banyak warisan leluhur yang diambil oleh bangsa lain, setidaknya diaku sebagai milik bangsanya dan kita tidak dapat berbuat apa-apa. Sebagai contoh, negeri tetangga yang sudah terlalu sering mengklaim budaya sebagai milik mereka.


Berapa banyak kesenian yang diaku sebagai bagian kesenian mereka? Bahkan, bagian negeri ini saja, beberapa pulau telah diaku sebagai milik mereka. Akankah warisan olah raga bela diri ini pada akhirnya diakui pula sebagai warisan leluhur mereka?


Untuk itulah, maka sebagai pewaris sah, seharusnya Anda harus terus menjaga eksistensinya. Jangan sampai warisan tersebut hilang atau diakui oleh bangsa lain.


Menjadikan Pencak Silat Sebagai Olah Raga Wajib


Ancaman kepunahan warisan olah raga bela diri ini sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan bahwa sangat sedikit yang mau menekuni olah raga bela diri ini secara intens. Pada umumnya, semua beranggapan bahwa olah raga bela diri pencak silat sangat tradisional dan tidak modern.


Untuk hal tersebut, maka perlu kiranya perlu dibuat perencanaan maksimal untuk melestarikan eksistensi bela diri pencak silat ini. Kita harus menjadikan program khusus agar setiap orang di negeri ini mau secara sadar untuk melestarikannya. Oleh karena itulah, maka ada beberapa langkah penting / tips untuk pelestariannya, yaitu:



  • Jadikan Pencak Silat sebagai olah raga wajib di sekolah


Sebagai warisan, pencak silat dikelompokkan pada kesenian tradisional. Hal ini mengingat bahwa pencak silat ini merupakan satu seni membela diri. Tetapi setelah memperhatikan eksistensinya, maka pencak silat dijadikan sebagai cabang olahraga.


Karena eksistensinya sebagai salah satu cabang olahraga, maka untuk menjaga kelestariannya, seharusnya pencak silat dijadikan sebagai olahraga wajib di sekolah. Oleh karena itulah, maka pencak silat seharusnya dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah pada setiap tingkat satuan pendidikan.



  • Jadikan Pencak Silat sebagai olah raga wajib di masyarakat


Pada sisi lainnya, masyarakat-pun seharusnya kita berikan tanggungjawab dan kewajiban untuk ikut menjaga eksistensi pencak silat  sebagai warisan leluhur kita. Hal ini karena masyarakat merupakan komunitas yang sedemikian luas dan berbagai hal dapat terjadi dalam kehidupan.


Kita seringkali mendengar dan melihat bahwa banyak warga masyarakat yang mengalami kejahatan sehingga mengalami kerugian. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka hal tersebut sangat riskan.


Oleh karena itulah, seharusnya masyarakat-pun perlu ikut melestarikan eksistensi pencak silat dengan menjadikannya sebagai kemampuan bela dirinya.



  • Memperbanyak event pertandingan Pencak Silat


Masyarakat kurang mengenal pencak silat karena mereka sudah tidak pernah melihat atau mengetahui eksistensinya. Mereka tidak pernah melihat pencak silat sebagai seni atau olahraga beladiri.


Oleh karena itulah, maka sebaiknya kita perbanyak event pertandingan pencak silat. Dengan demikian, masyarakat lebih mengenal dan tertarik untuk ikut mendalaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar